Jika  tempat bekerja anda sudah memiliki koneksi internet dengan Bandwidth  besar yang  menurut anda sudah sangat cukup untuk mengcover kebutuhan di perusahaan tetapi ternyata masih terasa kurang nyaman digunakan untuk berselancar melalui alat peramban anda, bearti ada masalah di dalam insfrastruktur internet anda. yang pasti hal ini akan membuat pekerjaan anda terhambat untuk beberapa waktu hanya karena internet yang tidak optimal.

Bandwidth Management adalah solusi yang dapat memberikan optimalisasi bandwidth internet dengan lebih proporsional, membagi kapasitas bandwidth sesuai dengan kebutuhan divisi, memprioritaskan kebutuhan utama sebelum kebutuhan komsumtif internet (kebutuhan diluar pekerjaan )

Bagaimana bandwidth Management Bekerja ?

Setiap sambungan internet yang digunakan oleh perusahaan rata-rata memiliki modem, router, switch, Acces Point (Wifi). Semua itu adalah infrastruktur yang mendukung jaringan internet supaya dapat di akses oleh PC, Laptop, Smartphone, Tablet.

Dimanakah posisi Bandwidth Management ? biasanya Bandwidth Mangement ada di antara modem dan router, atau bisa saja Bandwidth Management berada di Modem maupun berada Router, tugas bandwidth management adalah membagi kebutuhan bandwidth yang mengalir ke setiap PC yang disesuaikan dengan jumlah workstation yang ada di perusahaan. tujuannya untuk memberikan sumber daya internet yang proporsional dan memberikan tingkat prioritas yang dapat di atur sesuai dengan kebutuhan di masing-masing perusahaan.

sebagai contoh di perusahaan A, prioritas mengakses Email dan Browsing  adalah prioritas yang utama, sedangkan untuk Streaming dan Download ada di prioritas terakhir. Disini bandwidth management akan di fungsikan sebagai pengatur prioritas dan kapasitas bandwitdh yang di konsumsi oleh setiap PC, begitu pula jika Perusahaan B prioritas Streaming dan Download ada di kebutuhan utama, maka Bandwidth Management akan mengatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Apa Fungsi dan Implementasi Bandwidth Management ?

Mengelola penggunaan bandwidth internet anda dengan memprioritaskan kebutuhan terpenting, memberikan dampak positif dalam menjaga kinerja perusahaan. dengan menggunakan Bandwidth Management anda dapat 100% memanfaatkan sumber daya internet anda tanpa perlu merasa khawatir bandwidth internet anda overload.